Selasa, 27 Mei 2014

Judul     : Tari Jauk Manis
Tema Tari Jauk Manis : pantonim (pediruan)
Menggambarkan Tari Jauk Manis :
Pengambaraan Tari Jauk Manis adalah
Jauk Dance adalah solo tari topeng klasik tanggal dari abad ke-18, di mana penari memakai topeng menakutkan digambari raksasa (giant) atau setan.Tarian dimainkan episode dari epos Ramayana dan Mahabharata dalam bahasa Kawi tua. 
Tujuannya penari adalah untuk mengekspresikan karakter terungkap dalam penampilan topeng yang yang kuat, kepribadian kuat. Para penari Jauk setan topeng berwarna merah kekerasan, atau kadang-kadang putih, dengan kumis hitam tebal, mata melotot, dan senyum menakutkan.Sebagai seluruh wajahnya ditutupi oleh topeng menakutkan, penari Jauk harus menyampaikan emosinya hanya melalui gerakan dan gerakan.
Tari Jauk tarian ini menggambarkan seorang raksasa yang sedang berkelana. Penarinya pria, mengenakan busana yang terdiri dari awiran yang berlapis-lapis, ditambah dengan gelungan jauk dan kaos tangan yang berkuku panjang. Tarian ini lebih bersifat improvisasi dengan struktur koreografi yang fleksible. Tari Jauk Terdiri dari 2 jenis yaitu ;
Tari Jauk Keras
Tari jauk ini bersifat keras seperti namanya, gerakannya pun bringas. energik dan gamelan yang mengirinya bertempo cepat. Tarian ini mempunyai standar gerakan sendiri , dimana penarinya harus menarikannya dengan tingkah laku yang agresif dan keras . Topeng yang di pakai adalah topeng yang berwarna merah, yang melambangkan keberingasan sang raksasa.
Tari Jauk Manis

Tari Jauk ini bertempo lembut namun energik , gambelan yang mengiringi tarian ini kadang bertempo cepat dan kadang pula bertempo lambat , Tarian ini juga memiliki standar gerakan tersendiri yang berbeda dengan tari jauk keras, namun biasanya durasi Tari Jauk Manis ini biasanya berdurasi lebih lama sehingga sang penari memerlukan tenaga lebih untuk menarikannya , Topeng yang dipakai adalah topeng yang berwarna Putih.


untuk Versi lengkapnya download DISINI

Tagged: ,

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts